Jl. Kamboja No.18

Depok Lama

Jl. H. Sulaiman 38

Tugu Sawangan

021-77206952
021-29219921

BERGANTUNG PADA ORANG TUA

Anak-anak yang dikasihi Tuhan,

Bagaimana kabarnya hari ini? Wah semua sangat ceria pagi ini ya.  Hayo adakah diantara kalian yang suka merapikan tempat tidur sendiri setelah bangun tidur tanpa dibantu oleh orang tua kalian? Oke, ternyata ada sebagian yang dibantu dan sebagian yang merapikan sendiri. Adakah yang pada hari ini melakukan segala sesuatu tanpa bantuan orang tua? Tentu tidak ada! Anak-anak semua masih sangat tergantung pada orang tua. Dari menyiapkan segala kebutuhan kita setiap hari, bahkan tuntunan hidup baik seperti yang dikehendaki Tuhan.

Anak-anak yang dikasihi Tuhan,

Berbicara tentang tuntunan hidup dari orang tua, mari kita bersama mengingat pengajaran yang diberikan oleh orang tua kita.

  1. Siapa yang ingat doa sederhana pertama yang diajarkan orang tua kita? Coba bagaimana isi doanya!
  2. Cerita Alkitab apa yang diceritakan oleh orang tua, yang paling Anak-anak ingat?
  3. Pernahkah kalian diajak ibadah keluarga (renungan pagi atau malam oleh orang tuamu? Bagaimana responmu? Dilakukan dengan suka cita atau bersugut-sungut?

Anak-anak yang dikasihi Tuhan,

Anak-anak yang selalu dekat dengan Tuhan menjadi anak-anak yang sangat dikasihi Tuhan. Tuhan sangat rindu untuk bertemu dengan kita setiap hari. Tuhan rindu untuk menuntun, menolong dan memberkati kita semua.

Lalu bagaimana kita bisa selalu bertemu dengan Tuhan? Salah satunya lewat segala hal baik yang diajarkan oleh kedua orang tua kita. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya celaka. Tetapi sebaliknya setiap orang tua pasti rindu anaknya senantiasa diberkati oleh Tuhan. Seperti dalam diskusi kita di atas, para orang tua sejak dini berusaha membekali dan memagari kita untuk dekat dengan Tuhan. Mereka mengajarkan doa, menceritakan karya Tuhan di dalam Alkitab dan juga nasehat-nasehat yang baik bagi hidup kita bahkan mungkin juga mengajak Anak-anak untuk melakukan ibadah bersama dalam keluarga.

Sama dengan anak-anak Yahudi sejak umur 5 tahun sampai masa remaja mereka diajarkan dengan pengajaran-pengajaran agama oleh orang tuanya diberbagai kesempatan. Pengajaran ini dilakukan dengan ketat di dalam keluarga Yahudi. Pengajaran diberikan baik di jalan, baik sebelum tidur, baik saat santai. Dalam segala kesempatan Firman Tuhan selau disampaikan.

Anak-anak yang dikasihi Tuhan,

Jika kita sudah terbiasa dekat dengan Tuhan, kita akan dapat memetik manfaatnya. Kita akan semakin bertumbuh dengan pengajaran yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Tahu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dan lebih daripada itu, Anak-anak juga bisa bersikap dengan tepat. Yang baik dilakukan dengan setia sedangkan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan pasti akan tegas ditinggalkan. Oleh sebab itu jangan malas ya kalau diingatkan oleh orang tuamu untuk berdoa, membaca Alkitab dan juga melakukan ibadah keluarga baik pagi atau malam hari. Jangan bosan-bosan mendengarkan nasehat orang tuamu. Tetapi jika keluarga kita belum bisa melakukan dengan setia, ajaklah orang tuamu untuk melakukan doa, membaca Alkitab dan ibadah keluarga bersama-sama. Dengan demikian keluarga kita akan menjadi keluarga yang kompak, saling mendukung, saling mengingatkan dan bertumbuh bersama di dalam Tuhan.

Share now

Share on facebook
Share on whatsapp
Pengumuman SekolahLihat infonya
+ +